Saturday, April 30, 2016

SEJARAH BASKET | LENGKAP

Bola basket
Cabang olahraga yang dimainkan kompak secara tim/beregu yang terdiri dari lima (5) pemain untuk memasukan bola kedalam keranjamg/ring dari regu/tim lawan dan pemenang ditentukan dalam pemerolehan skor angka yang lebih unggul.

James Naismith
Selain itu cabang olahraga basket merupakan salah satu cabang olahraga terpopuler yang dominan dimainkan dengan skill taktik dan teknik secara tim selain itu kebugaran fisik merupakan modal dasar untuk dapat bermain basket dengan maksimal, seperti yang kita ketahui cabang olahraga ini memiliki sumbangsih besar dalam peradaban didunia olahraga , basket sendiri telah membiokot dan mengakar pada keseharian aktifitas masyarat diberbagai belahan dunia bukan sekedar olahraga yang dimainkan disatu kalangan saja olahraga ini juga merabak masuk kedalam dunia pendidikan sebagai ajang prestasi berbagai ajang kompetisi dan kejuaraan tingkat nasional hingga internasional telah bergulir

Sejarah bola basket
History mengatakan bahwa sejarah perminan basket petama kali ditemukan oleh seorang guru dibidang instruktur senam yang berasal dari kanada bernama James Naismith pada tahun 1890-an tepat pada 15 Desember 1891.


Awal mula muncul permainan ini pada musim dingin disebuah sekolahan daerah New England saat itu James naismith yang kebetulan sebagai guru instruktur senam disekolah itu tidak segaja memainkan sebuah bola yang dilempar dengan tangan kedalam sebuah keranjang dirasa memiliki banyak keunikan pada permainan ini kemudian dikembangkan pada saat pengembangan ini bermunculan juga berbagai usulan pendapat dari orang disekitarnya namun dirasa kurang cocok akhirya james mengembangkan sendiri hingga pada suatu waktu perminan ini dapat dimainkan dengan penambahan beberapa peraturan yang akan digunakan saat dimainkan seperti:
  • Jumlah pemain
  • Peraturan permainan
  • Sistem permainan
  • Perlengkapan permainan
Setelah itu james mulai memperkenalkan permainan yang dia ciptakan ini dilingkungan sekolah khususnya para pelajar , sejarah mengatakan bahwa BASKET merupakan nama sebutan dari permainan cabang olahraga ini bukanlah dari james naismit melainkan nama yang diusulkan dari salah satu pelajar yang megemari permainan tersebut , hingga pada akhir 1800-an permainan ini telah menyebar diseluruh wilayah amerika .

Seiring berjalannya waktu permainan basket telah berkembang pesat tidak hanya diwilayah amerika melainkan menyebar luas dieropa hingga asia melalui pedagang amerika dan tentara-tentara amerika. hingga penyebaran basket merambak ke nusantara.

Sejarah basket diindonesia
Seperti yang dikatakan oleh beberapa sumber yang pernah saya baca disini . mengatakan bahwa sejarah perkembangan basket dinusantara mulai masuk bersamaan dengan pedagang dari cina menjelang kemerdekaan indonesia. sebelum basket menyebar siberbagai wilayah nusantara permainan asal amerika ini telah dimainkan diberbagai provinsi di cina , kemudian dijadikan oleh masyarakat dagang asal tiongkok sebagai identitas cina modern.

Barulah basket menyebar luas dinusantara oleh pedangan cina , penyebaran ini dibuktikan dari bebrapa fakta yang mengatakan bahwa pada awal menjelang kemerdekaan dimana tim-tim basket diwilayah jakarta, surabaya, bandung, semarang, medan dan DI yogyakarta telah terlebih dulu tumbuh disekolahan mayoritas etnis cina. yang kemudian terlahir pemain legenda indonesia Liem Tjien Siong yang terpilih sebagai pemain terbaik pada kejuaraan bola basket diasia IV di seoul kore selatan dan pada saat itu pula tim indonesia menduduki peringkat empat di bawah Filiphina, korea dan jepang.

Pada tahun 1948 dimana indonesia mengadakan PON 1 yang diselenggarakan disolo . Basket mulai diikut sertakan sebagai cabang olahraga resmi yang diakui negara ,tiga tahun berikutnya cabang olahraga basket direkomendasikan oleh (KOI)  Komite Olahraga Indonesia kepada Tonny wen dan Wim Latumeten untuk membentuk organisasi bola basket  karena ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menyatukan organi basket akhirnya pada tahun 1955 disepakatilah pembentukan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi).

Dan hingga saat ini cabnag olahraga basket menjadi salah satu cabang olahraga yang digemari diseluruh kalangan masyarakat khususnya di lingkungan pendidikan .

Sekian ulasan tentang sejarah basket pertama kali muncul dan sejarah basket diindonesia. semoga bermanfaat.


This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon